loading...

Usir Pilek Di Saat Berpuasa Ramadhan

Secangkir teh


Potret Kuli - Saat melaksanakan puasa di Bulan Suci Ramadhan tubuh biasanya rentan terhadap penykit baik  yang disebabkan karena virus atau yang lainnya, salah satu yang paling sering adalah pilek yang disebabkan oleh virus influensa. Ada banyak faktor pemicu virus flu bisa menguat di dalam tubuh. Untuk diketahui bahwa virus flu tidak musnah seluruhnya ketika kita minum obat . Mereka hanya melemah dan masih bisa menguat dan bangkit kapan saja dalam tubuh kita. Biasanya akan menguat seiring dengan melemahnya imun tubuh.

Untuk itu selagi berpuasa anda wajib memperhatikan asupan gizi agar tetap bisa sehat dan tercukupi semua kompenen gizi dalam tubuh, jika ada satu yang tidak tercukupi maka akan melemhakan sistem kekebalan tubuh kita. Dan jika anda tidak tahan lalau meminum obat ketika sahur atau berbuka , justru akan semakin kuat virus flu tersebut. Mereka akan kebal dengan obat yang dosinys sama.

Untuk memperkuat imun tubuh disaat berpuasa ada sedikit tips agar imun tidak terlalu berkurang salah satunya adalah dengan menhindari minuma yang terlalu dingin ketika berbuka maupun sahur, kita bisa menggantikannya dengan minuman hangat. jahe merah atau wedang serai diyakini sejak dulu bisa menghangatkan suhu tubuh sehingga bisa menumbuhkan kembali sistem imun tubuh.

Selain minuman jahe merah dan serai kita juga bisa minum air putih yang cukup sehingga memperlancar sistem metabolisme tubuh, selain bisa membuang sisa makana yang tidak terpakai ditubuh juga bisa membuang racun.

Hal lain yang bisa dilakukan meskipun kita berpuasa adalah dengan melakukan sedikit olah raga agar stamina tubuh terjaga dan tidak lemas . Sehat tidak harus kenyang dengan makanan tetapi berpuasa juga bisa menyehatkan tubuh serta memperpanjang usia seseorang. jadi mudahkan untuk menjaga tubu disaat berpuasa tanpa membatalkan puasa kita.
Baca juga Berolah raga saat berpuasa, apa boleh?

8 comments

wah bermanfaat banget informasinya, yaa saat ini sedang maraknya penyakit pilek :)

Balas

Alhamdulillah pilek saya sudah reda mbak?

Balas

kemarin pada saat awal puasa sempat juga terkena filek, tapi alhamdulillah sudah sembuh...sekarang biasanya berdahak atau ada dahak yang seing keluar gan///apa lagi kalau udah panas, kadang dahaknya kental dan bisa menyumbat hidung juga....

Balas

yah semoga aja lancar ya kegiatannya dan semoga diterima puasanya...amin

Balas

kalau saya memang sering pilek mbah karena udaranya cukup dingin di sini

Balas

Semoga dan bisa mendapatkan malam lailatul Qodar mbah

Balas

Seminggu ini pilek. Baru hari ini aja agak lega :)

Balas