loading...

Tradisi Syawalan 1000 Ketupat

Tradisi Syawalan
PotretKuli - Tradisi Syawalan 1000 ketupat dilaksanakan di hampir semua wilayah di daerah Kabupaten Kudus sebagai ungkapan rasa syukur atas kehadirat Tuhan yang mana tradisi ini sduah ada sejak jaman enenk moyang bahkan sebelum Islam masuk ke tanah Nusantara. Hanya saja bentuk dan upacaranya disesuaikan dengan syariat Islam.

Tradisi ini di pimpin oleh pemuka agama atau yang di tuakan untuk memimpin upcara syukur dengan aneka persembahan dengan bahan utamanya ketupat yang diartikan sebagai hasil panen dan juga bahan pokok makanan di daerah tersebut. Menarik untuk diikuti karena ditengah modernisasi hampir saja kegiatan ini terlupakan oleh waktu.


Bahan pokok makanan atau hasil bumi biasanya di arak di tengah tengah upcara untuk didoakan yang nantinya akan di perebutkan oleh para tamu undangan ataupun para penonton, yang mana makanan tersebut diyakini membawa berkah karena sudah di doa kan oleh banyak orang tua dan juga orang santri.

Biasanya event ini ramai saat bulan Syawal atau hari lebaran dalam kalender Islam berarti hari Raya Idul Fitri yang menjadi akumulasi kemenangan dalam melawan hawa nafsu.