loading...

Cara Mudah Reset Password BIOS Laptop dan PC

Komputer adalah salah satu perangkat keras yang sangat dibutuhkan banyak orang pada masa ini. maka kebutuhan komputer saat ini sangat pesat dan peluang berbisnis komputer sangat menguntungkan, namun jika kita berniat ingin membukasebuah bisnis komputer maka kita harus tau benar tentang komputer. karena komputer sangat riskansekali terhadap maslah masalah yang ada di dalamnya. contohnya menriset bios komputer hal ini sebenarnya sangat mudah namun ada sebagian orang yang belum mengetahui bagaimana Cara Reset Password BIOS Laptop dan PC, padahal hal ini sangat dibutuhkan. baikkita langsungsaja pada titik permasalahan. 

Cara Reset Password BIOS Laptop dan PC.  Meriset Bios atau cmose ialah mengembalikan settingan Bios menjadi settingan default pabrik sehingga maka perubahan settingan pada Bios akan hilang termasuk Password yang ada di Bios.


Pada dasarnya Password BIOS baik itu Laptop dan Juga PC disimpan dalam memori CMOS, penyimpanan data-data BIOS tersebut dipertahankan oleh baterai saat laptop atau komputer dimatikan. Baterai tersebut ditempelkan atau ditaruh pada pada motherboard. Jika anda melepas baterai ini dari motherboard maka semua informasi yang disimpan di CMOS (termasuk password BIOS) akan hilang atau kembali ke default settiing pabrik.

Untuk Cara Reset BIOS pada  Komputer PC sebenarnya sangatlah mudah namun jangan juga dianggap sepele, karena bisa saja komputer anda menjadi rusak parah karena terlalu menganggap remeh.  Ada dua cara yang biasa saya lakukan untuk me- reset BIOS Komputer / Reset CMOS Komputer, yaitu sebagai berikut:
Melepas Batery MotherBoard

Langkah ini saya rasa adalah cara yang paling mudah namun supaya tidak terjadi kesalahan dalam melakukannya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cabut Kabel Listrik dari Power Supply 
  2. Kemudian Buka Cassing Komputer PC anda
  3. Lihat di Motherboard PC anda ada baterai biasanya berbetuk bulat, kalau sudah ketemu lalu lepaskan baterai tersebut dari motherboard PC Anda
  4. Tunggu kurang lebih 5 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut ke tempat semula.
  5. Pasang kembali cassing komputer anda
  6. Lalu colokkan listrik ke power suplly dan komputer siap dinyalakan kembali
Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer, dan silahkan di cek apakah Password BIOS nya sudah hilang??

JUMPER CMOS / Jumper BIOS
Untuk langkah ini Anda tidak perlu mencabut baterai motherboard namun dengan memindahkan posisi jumper CMOS, biasanya jumper CMOS ini berada di sekitar baterai.  Berikut lagkah-langkah me-reset password bios dengan memindahkan jumper CMOS:

  • Pastikan anda telah mencabut Kabel Listrik dari Power Supply kemudian Lepas Cassing Kompuyer/PC Anda
  • Cari jumper yang bertuliskan CLR CMOS atau bisa juga hanya CCMOS.  Jumper CMOS ini terdiri dari dua jenis, yaitu jumper dengan 3 pin dan jumper dengan 2 pin. 
  • Untuk yang tipe jumper 3 pin,  pada awalnya jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Jika Anda ingin mereset BIOS/CMOS maka Anda harus memindahkan posisi jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi.   Setelah itu diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi.  Untuk Tipe Jumper 2 pin, maka anda harus mempunyai jumper sendiri untuk menjumper ke-2 pin tersebut.
  • Tunggu kurang lebih 5 menit
  • Untuk Tipe jumper 3 PIN, pindahkan posisi jumper ke posisi semula.  Untuk Jumper 2 PIN. lepas jumper dari pin tersebut.
  • Pasang kembali cassing dan colokka listrik ke power supply 
  • Maka komputer siap untuk dinyalakan 
Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer, dan silahkan di cek apakah Password BIOS nya sudah hilang??

Pada dasarnya untuk melakukan reset bios laptop sama saja dengan reset bios pada komputer yaitu dengan melepas baterai motherboard laptop namun tentunya hal itu memerlukan keahlian khusus karena untuk membuka penutup laptop / cassing laptop bukanlah hal yang mudah.  Untuk hal ini maka saya sarankan anda menggunakan reset bios menggunakan software reset bios atau software clear CMOS.
Cara Reset Bios menggunakan Software :

1.  Komputer/Laptop masih bisa nyala dan menjalankan Windows 



Kalau komputer masih bisa nyala dan dapat menjalankan windows secara normal, maka anda bisa gunakan CMOS De-Animator. 
Untuk melakukan reset bios dengan menggunakanCMOS De-Animator ini laptop anda harus masih bisa dinyalakan dalam artian masih bisa masuk ke windows.  Kalau laptop masih bisa dinyalakan dan masuk ke windows lalu Download CMOS De-Animator ukurannya sangat kecil hanya sekitar 206 KB, lalu jalankan pilih Bytes to Operated With, lalu pada Action to perform pilih Clear CMOS lalu klikProcces.  Restart laptop anda maka password bios telah hilang.  Perlu diketahui bahwa software tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk reset bios laptop namun juga bisa digunakan untuk reset bios komputer.

2.  Komputer/Laptop tidak bisa masuk ke Windows 



Kalau komputer sudah tidak bisa lagi masuk ke Windows maka anda harus menggunakanPC CMOS Cleaner.
Dengan PC CMOS Cleaner anda dapat me-reset bios laptop dan juga PC untuk Semua type BIOS seperti AWARD, AMI, Compaq, DTK, Thinkpad, Sony, Toshiba, Compaq, Phoenix, Samsung, IBM.
Software PC CMOS Cleaner ini sifatnya bootable jadi setelah nanti anda download maka burning ke CD lalu jalankan PC CMOS Cleaner melalui CD tersebut.


Semoga Bermanfaat :D