loading...

Waspadai Flu Burung Dari Merpati

Potret Kuli - Flu burung sangat mudah menular dari hewan terutama unggas kepada manusia, penularannya mudah melalui kotoran dan juga saluran pernafasan yang secara tidak langsung sering berinteraksi dengan anak anak kita bahkan orang dewasa.

Seperti halnya burung Merpati yang sering hinggap dan mencari makan di halaman rumah, ternyata dari kotoran burung Merpati ini bisa menularkan virus flu burung atau H5N1 yang sangat berbahaya, apalagi jika kita sebagai orang tua tidak menyadari bahaya dari hewan cantik ini.

Seperti kasus yang kemarin terjadi pada anak seorang tetangga yang anak nya demam tinggi dan kondisi tubuh langsung drop dan di bawa ke rumah sakit, dalam tes darah hasilnya positif  flu burung. Yang membuat bingung orang tuanya adalah kondisi lingkungan tidak ada unggas atau hewan lain tetapi memang sering ada burung Merpati yang hinggap dan cari makan di halaman rumah sehingga diyakini tertular dari kotoran burung tersebut hingga akhirnya sebisa mungkin mengusir burung tersebut.

Memang sudah banyak kasus flu burung di negara dunia ketika yang populasi burung liarnya cukup banyak sehingga ancaman ini dianggap serius untuk segera ditangani. namun dari kasus diatas baru kali ini ada manusia tertular dari kotoran burung Merpati yang cari makan di halaman rumah. untuk itu tetap waspada dan berkonsultasi pada dinas terkait agar terhindar dari bahaya flu burung terutama pada anak anak kita.