loading...

Mancing Lele Di Sungai Yang Tercemar

mancing lele di air keruh
Potret Kuli - Tampaknya mancing ikan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang , bahkan mereka rela berpanas panas an di terik Matahari. Tetapi tidak seperti di negara maju yang sungainya masih terjaga kebersihannya, lihat saja betapa keruhnya air di sungai tersebut.

Tampaknya isu pencemaran lingkungan di negara berkembang masih menjadi hal yang dianggap kurang penting,hal ini terlihat dengan masih banyaknya masyarakat dalam menjaga lingkungan disekitarnya dianggap tugas pemerintah saja. Hal ini baru disadari mereka ketika musibah banjir datang dan selalu harus menunggu uluran dan bantuan pemerintah tanpa mau mengubah paradigma tentang kebiasaan membuang sampah.


Sebenarnya dengan potensi kekayaan lingkungan hidup  di negeri ini , kita seharusnya bangga mempunyai kekayaan hayati yang melimpah yang tidak banyak di miliki oleh negara lain , tetapi mungkin sudah sifat yang melekat dalam pikiran rakyat kita sehingga lingkungan menjadi sangat tercemar dan berbahaya bagi kelangsungan hidup generasi kita di masa depan.

Memancing ikan seharusnya menjadi kegiatan yang baik untuk melepaskan ketegangan pikiran dan sarana rekreasi yang murah tetapi tampaknya kita harus berjuang untuk bisa mendapatkan ikan seperti halnya para ikan berjuang hidup di sungai dengan air yang tercemar.

1 comments :

Di Jawa memang menyedihkan. Kalau di Sumatra ikan2 sungainya masih segar2

Balas