loading...

Persiapan Mudik Agar Aman Dan Nyaman Dengan Motor

Mudik Scooter

Potret Kuli - Lebaran sebentar lagi dan sudah menjadi tradisi kalau bangsa Indonesia akan melakukan migrasi besar besaran dari Kota besar seperti ibukota jakarta dan kota lain ke daerah asalnya yang kebanyakan dari Desa. Alasannya cukup masuk akal , di hari yang fitri ini mereka juga mau bersilaturrahmi bersama keluarga dan menengok keluarga di desa sambil merayakan lebaran .

Tapi yang menjadi perhatian adalah perjalanan ini bukan nya tanpa bahaya karena dengan jutaan sepeda motor yang tumplek di jalan berbaur dengan kendaraan lain menuju kampung halaman mereka , segala resiko bisa terjadi. Dan data kecelakaan dalam tradisi merayakan mudik sudah pasti banyak jatuh korban jiwa.

Dengan menmpuh perjalanan yang sangat panjang menggunakan sepeda motor akan menimbulkan resiko sangat besar, karena faktor manusia dan juga lingkungan. Untuk itu perlu waspada dan perlu persiapan matang agar mudik tahun ini selamat nyaman dan aman dengan speda motor, dari berbagai pengalaman sedikit persiapan penting dilakukan yaitu;

1. cek kesiapan motor , layak menmpuh perjalan jauh apa tidak
- Cek mesin dan oli mesin
- Cek perangkat peredam kecepatan alias rem
- Cek peredam kejut alias sokbreker, penting untuk melibas jalan yang bergelombang
- Cek keausan ban depan dan belakang
- Cek kelengkapan surat kendaraan , STNK,SIM

2. Perlatan Perlengkapan Motor
* Bawa kunci yang diperlukan , misalkan kunci busi dll
* Bawa Busi cadangan
* Bawa ban dalam cadangan

3. Perangkat keselamatan
- Helm yang memnuhi standar keselamatan
- Warpack atau perlengkapan untuk perjalanan jauh ( body protektor)
- Bawa obat obatan secukupnya ( obat masuk angin, dll)
- cek kesehatan anda dan pengikut nada dalam mudik

4. Pahami Medan /jalur Mudik
* Bawa peta atau map atau GPS untuk menunjukkan arah jika tersesat
* patuhi rambu lalu lintas
* Batasi kecepatan maksimal anda 80km/jam
* Ikuti rombongan untuk meminimalkan kejahatan di tempat tenggangan
* Istirahat setiap 4 jam
*.Bahan Bakar dan siapkan cadangan jika perlu
* Manfaatkan PoskoMudik

5. jangan lupa setiap kali akan berangkat untuk berdoa agar selamat sampai tujuan.

Mungkin hanya itu yang dulu saya lakukan untuk mudik menggunakan motor, ingat dengan perjalanan yang sangat panjang bahkan bisa sampai 800 km jaraknya, butuh tenaga ekstra dan juga istirahat, tidak usah mengejar waktu karena jalan raya bukan sirkuit balapan. Semoga mudik lancar dan selamat sampai tujuan dan juga selamat baliknya. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin..

29 comments

Makasih gan ilmunya, besok aku mudik pulang kampung halaman tercinta, rasanya senang sekali.

Balas

Waduh, jadi ingat waktu tinggal di kota dulu kalau mau mudik, sekarang sih sudah mudik tiap hari...thanks infonya

Balas

Betul sekali, semuanya harus di persiapkan dengan matang biar mudik menjadi aman dan nyaman. Apalagi saat musim mudik rawan sekali terjadi kecelakaan.

Balas

Boleh nih tipsnya, tapi saya sudah tinggal di kampung saya sendiri, jadi tips ini dapat saya gunakan untuk perjalanan jauh setelah hari H nya saja..

Balas

Semoga yang mudik sampai dengan selamat ke tujuannya masing-masing. Jangan sampai ada kasus yang aneh-aneh dan kasus kecelakaan di Indonesia menjadi sedikit dengan adanya postingan ini.

Warpack saya kira peralatan perang. Oh iya, senjata juga penting, lho. Bisa aja di tengah jalan tiba-tiba diserang segerombolan orang yang iri sama kita, kayak di film Mad Max: Fury Road. Bisa lah bawa senapan mesin atau gak petasan korek gitu minimal.

Balas

tipsnya sangat prnting sekali mbak, terimakasih

Balas

Boleh nih tipnya buat yang mau mudik jauh pake motor

Balas

Tips bermanfaat. Boleh nih diterapin... Sering mudik naik motor ya??

Balas

sangat membantu nih buat para rider yang mau mudik dengan motor kesanyangannya :)

Balas

mbak, betul betul artikel yang sangat bermanfaat banget nih buat para pengendara supaya bisa lebih berhati hati dan lebih terjaga keselamatannya apalagi kalau mudik disaat rame kaya pas lebaran harus ekstra hati2 tuh

Balas

Ok mas, hati hati dijalan dan semoga selamat sampai tujuan.

Balas

Ya mas dulu saya juga mudik, bahkan sangat jauh ribuan kilo meter.

Balas

Waspada dan jaga stamina sertatidak ngebut dijalanan mas?

Balas

Ya mas, jangan lupa untuk bawa barang secukupnya agar handling motor gak kacau, semakin banyak barang bawaan semakin berbahaya karena titik berat motor berubah yg berakibat handling jadi sulit.

Balas

Kan bisa gabung rombongan mas bro, nanti kalau bawa sendiri malah berurusan dengan pak polisi dong?

Balas

Paling tidak ini pengalaman dulu pernah saya alami sob?

Balas

Sering si nggak mas, tapi tiap tahun Insya Allah pasti mudik.

Balas

Saya mudik dengan motor matic karena mudah dikendarai

Balas

Ya , keselamatan paling utama, jangan ngebut dan terburu buru ,biar telat asal selamat.

Balas

duh ga kerasa bentar lagi lebaran, tinggal persiapan mudik nya, jadi kalo pake motor sebaiknya istirahat 4 jam sekali ya, makasih informasi nya

Balas

Saya juga H-2 mau mudik, tapi pakai kendaraan roda 4. tipsnya ngga jauh beda ya, bengkel-bengkel pada penuh, ngurusin kendaraan untuk persiapan mudik...

Balas

Benar mbak, dengan beristirahat tubuh bisa lebih segar dan konsentrasi juga bisa terjaga.

Balas

Kurang lebih sama mas, tapi khusus untuk sopirnya kalau bisa bergantian agar gak ngantuk.

Balas

wah gak kerasa udah pada mudik aja, cepet banget rasanya ramadan tahun ini. semoga yang mudik selamat sampai tujuan ya...

Balas

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Balas