loading...

Persiapan Zakat Fitrah

Padi

Bulan suci Ramadhan masih belum separo tetapi kami sekeluarga sudah bersiap siap untuk zakat fitrah, maklum kadang kalau mepet bahan beras sering tidak tersedia, akhirnya kami putuskan untuk beli lebih awal dengan kualitas sama yang kami makan.

Zakat fitrah adalah zakat jiwa yang wajib dikeluarkan bagi umat muslim ,apalagi dengan ajaran Islam yang indah ini bisa membuat kesabaran kita bertambah dan saling menyembung tali silaturrahmi ,meskipun saat ini ada sedikit masalah dengan keluarga yang berselisih pendapat. tapi biasanya akan cair suasananya ketika idul fitri.

7,5 kg untuk kami sekeluarga terdiri atas Bapak,Ibu dan Putri kami , zakat akan mensucikan jiwa kita dan menyempurnakan puasa kita di bulan Ramadhan. Hukum zakat fitrah banyak tertera di berbagai ayat Al Qur'an sebagaimana tertera pada ayat-ayat berikut:

"Dan dirikanlah shalat serta tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku." (QS: Al-Baqarah 2:43)

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan". (QS: Al-Baqarah 2:110)

Adapun fungsi dari zakat fitrah adalah untuk membersihkan atau menyucikan diri dari harta-harta yang dimiliki di dunia. Jadi jelas sudah perihal kewajiban masing-masing muslim untuk membayar zakat fitrah di bulan puasa Ramadhan. Lalu kapan zakat fitrah dibayarkan?.

Zakat Fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan atau bulan puasa yang dibayarkan paling lambat sebelum kaum muslim selesai menunaikan ibadah sunah Shalat Ied. Dan apabila pelaksanaan zakat dilakukan setelah melewati batas tersebut, maka zakat tersebut bukan lagi masuk kedalam kategori zakat, akan tetapi berupa sedekah biasa. Salah satu hadist yang memperkuat hal tersebut adalah:

"Bahwa Rasulullah memerintahkan agar zakat fitrah diberikan sebelum orang-orang Islam pergi untuk menunaikan ibadah shalat Idul Fitri (Shalat Ied). (Hadist Shahih Muslim 1645)"

Dan semoga kami bisa memnuhi kewajiban kami sebagai seorang Muslim!

9 comments

Terima kasih informasinya :)
jadi banyak tau dan nambah ilmu juga :)

Balas

Alhamdulillah, ada yang mengingatkan kembali.

Balas

I ya ni mbak, saya juga lagi inget kalau sebentar lagi Zakat fitrah

Balas

Amiin semoga puasa kita sempurna dengan dikeluarkannya zakat fitrah

Balas

persiapan dini menjelang waktu pembayaran zakat fitrah ya mbak dan itu akan lebih memudahkan nantinya.

Balas

iya baru ingat juga kalau itu perlu juga dipersiapkan sejak jauh hari...makasih ya admin...salam sahabat blogger.

Balas

So pasti Mbah, kan takutnya pas malam takbir berasnya jadi langka?

Balas