loading...

13 Jam Menunggu Bedug Maghrib

maghrib

Negara kita termasuk negara di bagian belahan bumi bagian tengah karena memang berada di garis katulistiwa, Puasa Ramadhan kali sedikit berbeda dengan wilayah negara lain yang mana untuk wilayah kita masih standar lamanya dalam berpuasa. bahkan untuk wilayah negara di bagian selatan lebih pendek dari pada di bagian utara.

Sebut saja untuk tahun ini umat Muslim di bagian negara Chile adalah puasa dengan waktu tersingkat dibadingkan negara lain, Sedangkan untuk wilayah negara dengan waktu terlama dalam berpuasa adalah wilayah negara yang berdekatan dengan kutub utara misalkan saja eslandia, Finlandia dan siberia yang mana waktu terlamanya adalah 22 jam! wow!

Padahal untuk kita yang berada di wilayah tengah bumi ini saja mengalami puasa sekitar 13 jam , sedangkan di Arab Saudi 14 jam dan ini menggambarkan beta indahnya Islam itu bagi orang yang memeluknya karena iman dan bukan karena yang lain.

Padahl dengan rentang waktu 13 jam termasuk ukuran standard tapi putri saya lebih sering tidak sabar kalau nunggu bedug maghrib, sering lihat langit terus didepan rumah. hmm...... anak anak memang gak sabaran.

8 comments

alhamdulillah negara kita cuma 13 JAM.
ya maklum lah namanya jg anak2, emang ada apa dilangit..?? heh.

Balas

Ya bro , 13 jam itu memang butuh kesabaran, di langit ya kalau di Kota sini biasanya ada semacam bunyi meriam penanda Maghrib

Balas

Itulah asyiknya anak-anak,masih polos dan lugu,mengajarkan arti kesabaran, :D ,di jepang 16 jam puasa tiap harinya :D

Balas

Bener mas, kesabaran wajib di latih sejak dini. hm... Untung cuma neneknya yang tinggal di Jepang Mas?

Balas

kalau begitu sama, kebetulan saya tinggal di kalimantan barat yang kotanya dilalui garis khatulistiwa...putri saya yang 4, 8 yahun juga puasa dan sering buka kulkas....katanya ngadem...heeee...tapi sering saya perhatikan kalau itu bisa membuat dia tergoda untuk buka puasa lebih awal. akhirnya saya ajak jalan atau cerita, sampai ia bisa memahami keutamaan puasa lebih bagus untuk diri dia sendiri.

oh ya seniman juga ya, kebetulan sama profesi dengan istri saya, dia pelukis...kadang juga jual hasil karyanya pas pameran...sekrang lagi pemeran lukisan di bentara budaya yogya bersama pelukis jawa timur. Kayaknya hidup lebih berbahagia ketika kita dapat membuat diri dan jalan kehidupan lebih kreatif, iya gak sista?

Balas

menunggu bedug adalah keinginan kita semua :D

Balas

Betul mbak keinginan kita semua

Balas

Saya benar tinggal di Kalteng tepatnya Kotawaringin Barat Mbah, disitu saya belajar banyak tentang seni dan juga berbagai aliran keyakinan dalam kehidupan ini, dan diteruskan menimba ilmu di Jawa selama 17 tahun ngaji. Tapi fotografi menarik bagi saya sedangkan suami lebih suka melukis "magic" pesanan orang

Balas