loading...

Marhaban Ya Ramadhan, Bulan Penuh Berkah 2015


Potret Kuli - Akhirnya sidang isbat pemerintah menetapkan kalau Bulan Ramadhan jatuh pada tanggal dan hari Kamis ,18 Juni 2015. Dan Insya Allah pelaksanaan awal bulan puasa bisa bersama dan tidak seperti yang kemarin. Berlangsung 29 hari dan itu berarti juga perayaan Idul Fitri juga bersama tidak ada yang terlalu awal atau akhir.

Dulu ketika masih kecil awal bulan suci Ramadhan selalu sama di Kota Kudus , yang digunakan adalah markas besar penanggalan Jawa Tengah yang dibuat salah satu ahli astronomi paling terkenal di Kudus. Dan itu berlangsung sangat lama karena mulai saya kecil hingga berumur sekitar 25 tahun. Tapi setelah masa masa itu sering terjadi perbedaan penetapan awal bulan Ramadhan.

Dengan banyaknya metode hisab dan Rukyah dan juga kecanggihan teknologi mmebuat penetapan awal bulan menjadi berbeda beda, tetapi saya berharap perbedaan itu tidak membuat umat Muslim di Indonesia menjadi terpecah belaah, semangat kebersamaan dan menghormati perbedaan lebih bisa diterima ketimbang harus memperbesar perbedaan.

 Sebagai seorang ibu saya bersiap untuk bangun lebih pagi sekitar jam 02.30 yang mana untuk mempersiapkan segala masakan untuk bersahur dengan keluarga , tetapi untuk suami sangat jarang ikut sahur karena dia sedang tidak bekerja jadi kuli. Padahal  dia kalau kerja makan sahurnya cukup banyak, maklum besoknya kerja keras.

Memang seberat apapun puasa yang dijalani seseorang dengan sambil bekerja sebagai kuli atau buruh akan kalah dengan niat ibadah, meskipun kadang kala cuaca sangat panas dia tidak tahan. Dan ini yang membuat saya semakin sayang dengan dia karena meskipun kerjanya sangat berat tapi dia tetap berusaha untuk tetap berpuasa.


7 comments

Selamat menjalankan ibadah puasa
Semoga amal ibadah kita diterima Allah Swt. Amin
Salam hangat dari Surabaya

Balas

aamiin semoga diberi kelancaran dalam menjalankan ibadah yang suci ini..

Balas

alhamdulillah kalau sidang isbat sudah menyatakan kalau bulan puasa ini bisa dilaksanakan secara bersamaan.. pasti tambah meriah.. semoga di bulan puasa ini kita semua diberi kemudahan dan kelancaran..aamiin

Balas

selamat menjalankan ibadah puasa yambak.
moga puasa kali ini mendapat berkah

Balas

Amiin mas Yantu, semoga keberkahan ada pada kita semua .

Balas

Benar mbak semoga mudah dan lancar dalam melkasanakan ibadah puasa kali ini.

Balas

Amiiin, salam kenal juga Pak Dhe Kholik

Balas