loading...

Berharap Dan Rindu Malam Lailatul Qadar

Rindu lailatul Qadar

Potret Kuli - Bulan yang penuh berkah ini akan sempurna jika kita bisa dan mendapatkan malam lailatul Qadar yang sangat saya rindukan sebagaimana semua umat Muslim inginkan. Bulan yang penuh dengan rahmat yang mana semua pintu Surga di nuka lebar lebar dan semua amal ibadah di lipat gandakan.

Setiap 10 malam terakhir bulan Ramadhan , kebiasaan kita justru sering malas sholamat berjamaah . Padahal itu ada keisimewaan karena banyak yang berpendapat malam lailatul Qadar biasanya datang di penghujung Ramadhan dan pada malam ganjil.

Dahulu, Nabi Muhammad SAW bersungguh-sungguh untuk menghidupkan sepuluh hari terakhir tersebut dengan amalan-amalan melebihi waktu lainnya. Sebagaimana yang istri beliau Ummul Mu’minin Aisyah RA pernah katakan :

يَجْتَهِدُفِىالْعَشْرِالأَوَاخِرِمَالاَيَجْتَهِدُفِىغَيْرِهِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR. Muslim)

Dalam Al Quran, malam Lailatul Qadar ini dijelaskan melalui Al Quran surat Al Qadar ayat 1-5:“Sesungguhnya telah Kami turunkan dia pada malam Kemuliaan.” (ayat 1)
 “Dan sudahkah engkau tahu, apakah dia malam Kemuliaan itu?” (ayat 2).
 “Malam Kemuliaan itu lebih utama daripada 1000 bulan.” (ayat 3).
“Turun Malaikat dan Roh pada malam itu, dengan izin Tuhan mereka, membawa pokok-pokok dari tiap-tiap perintah.” (ayat 4).
“Sejahteralah dia sehingga terbit fajar.” (ayat 5).
“Yaitu urusan yang benar dari sisi Kami; Sesungguhnya Kami adalah mengutus Rasul.” (ayat 5).

Adapun asbabun Nuzul atau sebab-sebab turunnya surat tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan al-Wahidi, yang bersumber dari Mujahid bahwa Rasulullah saw pernah menyebut-nyebut bani Israel yang berjuang fiisabilillah menggunakan senjatanya selama seribu bulan terus menerus. Kaum Muslimin mengagumi perjuangan orang tersebut. Maka Allah menurunkan surat al-Qadr 1-3 yang menegaskan bahwa satu malam laitatul qadr lebih baik daripada perjuangan bani Israel selama seribu bulan itu.

Hati ini rindu setiap kali Bulan Ramadhan datang semoga malam lailatul Qadar selalu bisa didapatkan, mungkin dengan niat setiap malam dari awal sampai akhir bulan Ramadhan untuk terus rajin beribadah baik berjamaah ataupu sendirian. Mumpung usia ini masih bisa dan hati ini mau diajak kejalan kebaikan. Insya Allah

6 comments

Malam lailatul qadar, malam yang penuh kemuliaan di bulan ramadhan ya mbak

Balas

Semoga kita semua bisa merasakan malam yang satu ini. Berharap bangad, tapi semua kembali lagi ke pribadi masing-masing alias sadar diri aja. Hehehehe....

Balas

benar mas, tapi dengan mengikuti sejak awal sampai akhir Insya Allah dapet

Balas

Ya dan lebih mulia dari 1000 bulan.

Balas

rasanya ingin cepat-cepat bertemu dengan malam penuh berkah itu :')

Balas