loading...

Tips Menghemat Penggunaan Data Internet Pada Android

Tips Menghemat Pemakaian Data Pada Smartphone Android - Tips ini wajib anda lakukan bila tidak ingin kuota data terkuras untuk keperluan yang tidak begitu penting. Meskipun mempunyai kuota data yang banyak, tidak ada salahnya bila melakukan tips yang akan saya bagikan ini. Terlebih bagi anda yang sangat boros kuota data dan ingin mencari solusi untuk mengatasinya.


Kebutuhan akan internet memang tidak terlepas dari kuota data agar tetap terhubung dengan internet. Setiap operator pasti memiliki tarif yang berbeda terhadap tarif kuota data. Ada yang harga tinggi, tetapi kuota sedikit dan sebaliknya. Nah, bila kuota data sangat sedikit terlebih bagi anda dengan kebutuhan kuota data besar seperti membuka instagram, snapchat, dll berikut adalah tips yang dapat diterapkan untuk meminimalisir penggunaan data yang boros.

1. Membatasi Jumlah Penggunaan Data
Untuk yang sangat telaten dengan penggunan data internet, pasti akan melakukan tips yang satu ini. Benar sekali, dengan cara membatasi jumlah penggunaan data. Cara yang dapat dilakukan adalah menuju ke pengaturan --> Jaringan Seluler --> kemudian pilih Batasi Penggunaan Data. Ini adalah cara yang saya lakukan untuk membatasi jumlah penggunaan data yang saya gunakan melalui menu di ponsel samsung saya.

2. Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Playstore
Ini adalah cara yang sangat ampuh untuk meminimalisir penggunaan data yang banyak dengan waktu yang singkat. Bagaimana tidak, ketika data internet dinyalakan maka secara otomatis aplikasi yang siap mengalami pembaharuan akan melakukannya sendiri alias otomatis. Hal ini yang dapat menyebabkan data internet cepat habis.

3. Menggunakan Browser Pilihan yang Hemat Data
Tahukah kamu bila saat sedang browsing, bila tidak menggunakan browser yang khusus akan menghabiskan data internet yang banyak? saya ambil contoh Google Chrome. Ketika saya menggunakan aplikasi browser Google Chrome selama 5 menit untuk keperluan browsing, data yang dihabiskan adalah 7,4mb. Wow padahal baru 5 menit loh. Seketika saya bandingkan dengan menggunakan UC Browser. Browsing di internet selama 5 menit menghabiskan data hanya 2,4mb.

Kebayang kan bila 1 jam browsing menggunakan Google Chrome akan menghabiskan data internet berapa? Bisa dikalkulasi sendiri hehe... Diatas adalah pengalaman saya saat menggunakan kedua aplikasi browser.

Nah sekian tips menghemat penggunaan data internet di smartphone android yang dapat saya jelaskan menurut pengalaman saya. Semoga tips diatas membantu anda untuk menghemat penggunaan data yang berlebihan. Semoga bermanfaat ^_^