loading...

Tips Cara Menghemat Memori Internal Pada Android

Cara Menghemat Memori Internal Android Terbaru - Pada Zaman yang serba canggih kali ini, apa sih yang tidak bisa disimpan di ponsel android kalian? Mulai dari Foto, Video, Musik, Pdf, Game, Software, dll yang dapat disimpan dengan mudah di ponsel android kalian. Untuk menyimpan itu semua, ponsel android kalian tentunya membutuhkan memori internal yang cukup agar tidak lemot saat membuka file - file yang kalian simpan tadi.


Para pengguna ponsel android disuguhkan dengan berbagai macam game maupun aplikasi yang tersedia di google playstore yang siap untuk didownload dalam versi gratis maupun berbayar sampai - sampai pengguna ponsel android bingung memilih yang mana aplikasi yang akan digunakan. Disamping hal itu, perlu juga diperhatikan memori internal. Agar tidak lambat saat membuka game maupun aplikasi yang telah kalian download dari google playstore, ada baiknya bila kita melegakan terlebih dahulu ruang penyimpanan internal kita.

Tips Menghemat Ruang Penyimpanan Internal Pada Android



Ketika berbicara mengenai memori didalam ponsel android kita, maka tentunya terdapat 2 hal yang terkait dengan itu. Yakni Memori Internal (ROM) dan Random Acces Memory (RAM). Adapaun ROM ini ialah memori yang kalian gunakan untuk menyimpan berbagai macam file, mulai dari Foto, Video, Musik, Hingga File yang kamu anggap penting ya sob.

Sedangkan RAM ialah memori yang digunakan untuk pemrosesan data. Semakin banyak aplikasi yang kalian install di ponsel android, maka akan semakin lemot. Hal ini dikarenakan aplikasi yang kalian install membutuhkan ruang untuk pemrosesan data pada ponsel android kalian. Bila ruang yang tersedia di ponsel android kalian sangat sedikit itu tentunya menjadi penyebab mengapa ponsel android kalian lemot saat menjalankan aplikasi. Bila RAM ponsel android kalian diatas 1GB saja menjalankan game seperti COC, Clash Royale, Get Rich, dll pun sudah tidak lemot lagi. Bagaimana dengan yang memiliki RAM 1GB ke bawah? Adapun caranya simak tips yang saya berikan dibawah ini dengan seksama.

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai
Terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat kalian gunakan di ponsel android kalian yang harus didownload melalui playstore atau pihak ke 3. Namun, tahukah kamu terdapat juga aplikasi yang jarang bahkan sama sekali tidak kalian gunakan? Bila sudah jarang atau bahkan tidak kamu pakai sama sekali, maka saran saya ialah untuk menguninstall aplikasi tersebut. Hal ini karena semakin banyak aplikasi yang kalian download atau bahkan yang tidak kalian gunakan, maka kamu wajib untuk uninstall ya sob.

2. Bersihkan Cache menggunakan Aplikasi
Cache merupakan penyebab bila ponsel android kita lemot saat menjalankan aplikasi. Hal ini dikarenakan Cache yang terlalu banyak dan menumpuk pada ponsel android kita. Jadi, untuk mengatasi hal ini saya menyarankan untuk mendownload aplikasi Cache Cleaner di GooglePlaystore. Rekomendasi saya ialah Clean Master Lite. 

Aplikasi tersebut sangat handal dalam membersihkan Cache pada ponsel android kalian. Bagaimana tidak, dengan ukuran yang kurang dari 5mb saja kalian dapat membersihkan Cache dalam ukuran 1GB pun dapat teratasi dengan aplikasi ini. Dengan ukurang yang sangat kecil (namanya juga lite om) ini sangat mengirit ruang penyimpanan kamu sob. Tidak perlu khawatir lagi ponsel lemot. Yang ada ponsel android kamu jadi super cepat.

3. Gunakan Penyimpanan Cloud (Awan)
Ini merupakan rekomendasi bagi kalian yang selalu terhubung dengan koneksi internet untuk menyimpan file kalian di Cloud. Adapun kelebihan dari penyimpanana Cloud ialah File yang kamu simpan tentunya sangat aman. Kerentanan untuk dibobol hacker pun hanya 1%. So, gak perlu ragu lagi untuk memilih opsi ini untuk menyimpan file kalian di Cloud. Beberapa layanan Penyimpanan Cloud yang handal yaitu Dropbox, Google Drive, Microsoft One Drive, Untuk memperoleh aplikasinya cukup mudah. Tinggal download via Google Playstore dan mendaftar maka kalian sudah bisa untuk menggunakan layanan yang diberikan.

Dengan melakukan apa yang saya tulis diatas, ponsel android kamu akan terasa tidak lemot lagi saat digunakan. Mungkin ada tips lain dari kalian yang ingin menambahkan dengan cara yang belum saya sebutkan diatas untuk menambahkanya di komentar. Semoga bermanfaat ^_^