loading...

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di PC/Laptop

Kenapa Lag Saat Bermain Game di PC/Laptop - Main game lalu tiba-tiba lag wuihhh sungguh menjengkelkan bukan? lag sendiri adalah hal yang dibenci bagi para gamer, umumnya pengguna PC/Laptop dengan spek rendah atau low-end tentu sering mengalami hal ini namun kadangkala spek tinggi pun juga dapat mengalami hal yang seperti Lag, patah-patah dll.


Biasanya lag terjadi dikarenakan RAM, Processor, dan VGA yang kurang memadai untuk bermain game atau bisa juga dikarenakan terjadi Crush akibat perangkat lunak terlalu banyak memakan memori.

Namun ada cara yang dapat kita lakukan agar pc menjadi lancar saat bermain game, Berikut ini Tutorial cara mengatasi lag pada PC/Laptop Mohon di simak dengan baik-baik ya ^_^.

1. Atur Startup Program dan Tray

Biasanya program-program seperti inilah yang dapat menghambat kinerja PC mu. Untuk mensettingnya bisa dilakukan dengan cara berikut :


> Klik start, Lalu ketik msconfig pada kolom Pencarian
> Klik msconfig.exe
> Setelah muncul jendela system configuration, klik tab startup
> Kemudian hapus tanda centang pada aplikasi yang tidak kamu inginkan
> Klik Apply > Lalu OK
> Maka akan muncul jendela baru yang mengahruskan kamu untuk merestart PC, klik saja restart
> Selesai

WIN 8 & WIN 10 Cukup dengan klik kanan pada taskbar > taskmanager > pilih startup.

2. Tutup Aplikasi yang sedang berjalan (yang tidak terlalu dibutuhkan)


Sebaiknya anda fokus dulu aplikasi mana yang ingin anda jalankan, jangan membuka aplikasi game secara bersamaan. Jika anda bermain PC sambil menggunakan google Chrome bisa jadi komputer anda merestart sendiri karena RAM nya sudah habis.

3. Pasanglah Game booster


Memasang game booster juga dapat menigkatkan performa pada sistem lebih memusatkan kinerja CPU pada game yang sedang berjalan dan juga mengurangi lag yang biasa timbul ketika bermain game biasa maupun game Berat. Jadi, perangkat lunak ini bisa menjadi rekomendasi yang pas sebagai tips mengatasi lag saat bermain game di PC. Anda bisa download DISINI

4. Sisakan ruang Pasa Harddisk


Hardisk juga berguna sebagai ruang gerak untuk program yang bekerja, semakin banyak space di harddisk, semakiin baik program saat bekerja pada PC/Laptop kita.

5. Mengatur High Performance Energy


Caranya :
> Buka Control Panel
> Klik Hardware and sound > Power Options > Pilih High Performance

6. Mengatur Graphic pada Game


Cara ini termasuk ampuh untuk mengatasi lag pada game. Game yang kita mainkan Graphic sangat bagus tetapi spek pada komputer kita tidak terlalu pas dengan game tersebut tidak kurang tidak lebih, setting saja graphic pada game tersebut menjadi low.

7. Disable Anti Virus saat bermain Game


Selagi anda sedang bermain game secara diam-diam antivirus juga menscan harddisk, Anti Virus juga memakan banyak Ram dan Processor, belum lagi anti virus menampakan notif-notif aneh saat sedang ngegame.

8. Update VGA Driver


Dengan mengupgrade VGA driver, kalian akan mendapatkan kinerja Gaming yang lebih baik dan maksimal.

9. Hindari Suhu Panas Yang berlebihan Pada PC


Faktor utama suhu PC menjadi panas ialah Game. Dan kalau sudah begini, mau tak mau gejala lag akan mulai terasa, aturlah waktu kamu yang digunakan agar tidak terlalu berlebihan yang mengakibatkan PC/Laptop kamu menjadi Panas.

Sekian postingan saya tentang Tips Mengatasi Lag Saat Bermain Game di PC/Laptop dan semoga bermnafaat ^_^

1 comments :

saya juga anak gamer gan,walau vga sdh gandengan Nvidia tapi msh lag,klu ane pake game boster kira bisa lebih baik ya gan?

Balas