loading...

Cara Mudah Factory Reset Atau Hard Reset Pada Android

Tutorial Factory Reset Atau Hard Reset Pada Android Terbaru - Factory reset atau mereset ulang semua pengaturan pada smartphone, bertujuan untuk mengembalikan semua data kekondisi semula atau bawaan dari pabrik. Factory reset biasanya dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada smartphone atau tablet milik seseorang, masalah yang terjadipun beragam seperti menumpuknya cache sehingga membuat smartphone atau tablet tersebut menjadi sangat lambat/ lag.


Lupa pola/ kata sandi sehingga mau tidak mau harus kita reset ulang, atau adanya kerusakan-kerusakan software yang membuat smartphone sobat menjadi sering eror. Bahkan tak jarang kita temui ada yang sampai mengalami kondisi dimana smartphone tersebut tidak bisa di hidupkan atau sering di sebut bootloop, kasus-kasus tersebut sering sekali kita jumpai saat kita memegang smarphone android/ tablet.

Jika kita sudah merasakan hal seperti itu mau tidak mau jalan telahir yang harus kita tempuh adalah, mereset semua pengaturan seperti sedia kala dan menghapus semua data yang ada pada smartphone kita. Sebetulnya ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk melakukan factory reset atau reset data pabrik, dan disini saya akan menjelaskan beberapa cara factory reset terutama pada smartphone yang saya pakai yaitu samsung.

Jujur smartphone yang saya pakai ada kerusakan pada bagian software yang sudah sangat parah, hampir setiap hari mengalami yang namanya eror hampir setiap hari pula saya melakukan hard reset secara rutin. Sebetulnya saya juga pengin ganti hp tapi mau gimana lagi belum ada dana di jualpun blum laku-laku, akhirnya mau tidak mau saya pertahankan smartphone saya dari pada saya ngga megang hp.

Nah buat sobat yang mungkin hpnya sering eror atau lag, sobat bisa melakukan factory reset melalui pengaturan dengan cara masuk menu hp > masuk pengaturan pada hp sobat > masuk akun lalu cari cadangkan dan reset (biasanya paling bawah) > pilih reset data pabrik > telahir tekan reset perangkat dan tunggu sampai proses penghapusan selesai. Catatan dengan melakukan reset tersebut akan menghapus semua data pada perangkat sobat, sebaiknya cadangkan data penting milik sobat terlebih dahulu sebelum melakukan cara tersebut.


Kode Reset Hp Samsung
Cara kedua sobat bisa melakukan factory reset dengan menggunakan kode rahasia, kalo di bilang rahasia ngga juga si soalnya kalo rahasia ngapain di bagi-bagikan hehehe. Ok dari pada sobat penasaran sama kodenya silahkan sobat masuk dial telepon pada hp sobat, lalu pastekan kode berikut *2767*3855# tekan telepon lalu tunggu sampai proses selesai.

Cara Membuka Kata Sandi Hp Yang Lupa
Tetapi jika kondisi hp sobat tidak memungkinkan dalam arti tidak bisa nyala karena lupa pola/ kata sandi atau mengalami kerusakan software yang sudah parah (bootloop), sobat bisa menggunakan cara telahir yaitu dengan masuk ke android system recovery untuk melakukan hard reset. Sebelum melakukan cara ini ada baiknya batre telah terisi setidaknya 60%, untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan.

Caranya matikan hp sobat terlebih dahulu karena cara ini hanya bisa di lakukan saat kondisi hp sobat dalam keadaan mati total, tekan tombol home + power + volume tambah (+) secara bersamaan. Tahan hingga beberapa detik nanti sobat akan menemukan gambar robot, seperti ada semacam ada lubang di tengah-tengahnya dan akan menemukan tampilan seperti ini.

Android System Recovery
  ■ Reboot system now
  ■ Apply update from ADB
  ■ Apply update from external storage
  ■ Wipe data/ Factory reset
  ■ Wipe cache partition
  ■ Apply update from cache

Tombol volume kurang (-) dan tombol volume tambah (+) berfungsi untuk menjalankan perintah di menu android system recovery, sedangkan untuk memilih atau menekan ok gunakan tombol power. Untuk menjalankan perintah ke atas tekan volume tambah sedangkan untuk menjalankan perintah kebawah tekan volume kurang, silahkan sobat pilih wipe cache/ factory reset lalu tekan tombol power pada hp sobat. Setelah itu sobat akan dikasih pilihan dua kata antara yess dan no.

No
No
No
No
No
No
No
Yess - - delete all user
No
No
No

Silahkan sobat pilih yess - - delete all user lalu tekan tombol power dan tunggu hingga proses penghapusan selesai, kembali ke tampilan awal langkah telahir pilih rebot now dan tunggu hingga proses pemulihan selesai kira-kira memakan waktu 5 hingga 10 menitan.

Catatan untuk pengguna smartphone sony xperia, lg, lenovo, asus, htc, cross, huawei, xiaomi, blackberry dan lain sebagainya mungkin berbeda-beda. Tetapi menurut saya tidak jauh berbeda kalo tidak dengan volume + home + power ya setidaknya power + volume doank, atau power + volume kurang bisa di uwik-uwik sendiri, Sekian postingan saya tentang cara hard reset atau factory reset android dari saya semoga bermanfaat  ^_^.