loading...

Kajian Hakikat Dinul Islam

Hakikat islam  tergambar dalam jawaban Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam untuk Jibril ‘alaihis Salam. Ketika ia bertanya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Islam, maka Beliau menjawab, “Islam itu adalah; engkau bersaksi bahwasanya tidak ada ilah yang diibadati dengan hak melainkan Allah dan bahwasanya Muhamad itu adalah Rasulullah, dan engkau menegakkan sholat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadan serta mengerjakan haji ke Baitullah jika engkau sanggup melakukannya”. (HR. Muslim 1/8 dari sahabat Umar bin Al Khottob)

Termasuk dalam ini beriman kepada Allah, Malaikat-malaikatNya, Kitab-kitabNya, Rasul-rasuNya, hari akhir, dan beriman kepada Qodar yang baik maupun yang buruk, sebagaimana termasuk juga dalam itu Al Ihsan yaitu; Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihatNya. Jika engkau tidak melihatNya sesungguhnya Ia melihatmu. Karena Islam apabila disebutkan mencakup semua hal ini berdasarkan kepada firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala (yang artirnya), “Sesungguhnya Din yang diridhoi disisi Allah adalah Islam”. (Ali imron : 19)

Dan hadits Jibril ketika ia bertanya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang islam, iman, dan ihsan, lalu beliau menjawabnya dengan apa yang disebutkan di atas. Dan Rasul memberitakan bahwa Jibril menanyakan semua perkara ini adalah dalam rangka mengajarkan kepada manusia agama mereka. Tentu ini menunjukkan bahwasanya Dinul Islam adalah tunduk kepada perintah-perintah Allah zohir dan batin serta meninggalkan apa yang dilarangnya zohir dan batin. Inilah dia Islam yang sempurna. (Al-Lajnah Ad Daimah, 1988)