loading...

Cara Mengubah Tag Title Blog Agar Semakin SEO

Tag Title juga disebut dengan page title adalah kata judul atau kalimat blog yang terlihat pada bagian header browser.  Banyak para pemburu seo telah melakukan optimasi SEO semacam ini pada blognya, namun tidak jarang masih ada sebagian orang  melewatkan hal ini. Sangat disayangkan bagi kita yang ingin mengoptimasi sebuah blog namun tidak mengoptimasi tag title blog.  Menurut survey dilapangan menunjukkan bahwa blog yang menerapkan tag title pada header blog akan lebih bersahabat dengan mesin pencari dan berkemungkinan besar masuk kejajaran page one hasil pencarian mesin pencari. Hal tersebut menunjukkan bahwa tag title berperan penting dalam urusan SEO. Kenapa kok bisa seperti itu? Karena mesin pencari seperti Google akan mengambil tag title dari setiap blog dari hasil pencariannya (SERP). Tag title itu yang mana ya? Gambar di bawah ini menunjukkan tag title blog. Teknik SEO ini juga disebut dengan SEO On-Page.

Berikut adalah contoh gambar header blog yang belum menerapkan tag title di header.
Cara Mengubah Title Tag Blogspot Agar Semakin SEO
Blog yang tidak menerapkan tag title (Credit: berguruseo.blogspot.com/)

Berikut adalah contoh gambar header blog yang sudah menerapkan tag title di header.
Cara Mengubah Title Tag Blogspot Agar Semakin SEO
Blog yang menerapkan tag title (Credit: berguruseo.blogspot.com/)

Secara default tag title blog yang dibangun menggunakan CMS sub domain blogspot mempunyai format "judul blog : judul posting" atau sebaliknya "Judul Posting : Judul blog" ntuk membuat sebuah tag title sangat direkomendasikan menggunakan maksimal 160 karakter. Jika lebih dari 160 karakter maka secara otomatis kata yang lebih dari itu akan dihilangkan. Cara untuk mengatasinya cukup mudah yaitu pintar-pintarlah dalam menentukan nama blog dan nama posting. Usahakan kurang dari 7 kata untuk memuat kurang dari 160 karakter, jika lebih dari itu juga maka judul dari sebuah posting tidak akan ditampilkan dalam hasil pencarian mesin pencari secara utuh atau judul posting kamu akan potong.

Tadi disebutkan di atas bahwa format dari tag title adalah "judul blog : judul posting" atau "judul posting : judul blog". Lha kalau judul blognya saja sudah panjang bagaimana caranya menghemat kata untuk sebuah judul posting? Sulit dong untuk membuat posting dengan judul singkat tapi efektif dalam hasil pencarian mesin pencari? Untuk menjawab pertanyaan itu, akan saya sajikan sebuah tutorial seo tag title untuk blog agar dapat mengakali masalah-masalah yang ditanyakan di atas.

Berikut langkah-langkah atau cara untuk mengubah tag title blog di blogspot.

1.  Pilih Template > Edit HTML
2.  Cari kode berikut ini <title><data:blog.pageTitle/></title>
3.  Lalu ganti dengan kode berikut ini
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/><title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

4.  Save template. Done!

Sekarang saatnya lihat hasilnya dengan membuka blog kamu dan coba buka post yang telah kamu terbitkan. Lihat header blog di browser, jika di sana muncul "Judul blog : Judul Posting" atau "Judul posting : Judul blog" maka selamat, kamu berhasil mengganti tag title blog kamu. Semoga blog kamu tambah SEO setelah mengganti tag title blog kamu ya. :D


Source:  klinik-blogger.blogspot.com