loading...

Manfaat dan Cara Ping Agar Blog Cepat Terindex Google

Ping? Apa itu ping dalam dunia blog? Ping yang mempunyai arti "bersiul" adalah sebuah metode yang digunakan untuk memanggil mesin google atau robot google (Googlebot) mengunjungi sebuah blog. Jika misalnya kita mempunyai sebuah blog lalu sudah terisi dengan artikel-artikel yang bagus, tidak ada salahnya untuk nge-ping Google. Kenapa harus di ping? Emang Googlebot tidak bisa mengetahui  sendiri jika kita mempunyai artikel baru di blog? Jawabannya, bisa saja, Googlebot akan secara otomatis mengetahui apa yang baru di blog kita tanpa harus kita beri tahu kepadanya.

Googlebot akan bekerja sepanjang waktu untuk meng-crawl (menelusuri) setiap halaman di blog. Hal ini membutuhkan waktu yang relatif. Kadang cepat dan kadang juga lama. Oleh sebab itu kita perlu untuk memberitahu Googlebot menggunakan fasilitas ping.  Sederhananya gini, jika kamu mempunyai artikel baru, tentu kamu ingin google mengetahuinya secara cepat, nah caranya dengan memanggil (ping) Googlebot tersebut menuju artikel baru kita.

Sepanjang masa ini, ada banyak sekali website yang menyediakan jasa ping Google agar Googlebot mengunjungi blog kita tersebut. Berikut adalah daftar website yang menyediakan jasa ping Google.
Mohon gunakan dengan bijak, terlalu banyak menggunakan jasa untuk melakukan ping dapat menjadikan Googlebot marah. Hehe... Jadi gunakan sebijak mungkin. kalau kata dosen saya, Ping-lah Google sehari maksimal 4 kali saja. Jangan lebih.

  1. http://pingomatic.com
  2. http://pingoat.com
  3. http://pingler.com

Saya kira tiga website di atas sudah cukup untuk melakukan kegiatan ping ke Google.

Eiya, selain dari tiga buah website yang bisa kamu gunakan untuk ping google, kamu juga bisa menggunakan alat ping dari Google sendiri. Apa bedanya dengan tiga website di atas dengan ping dari Google? Ya tidak ada bedanya sih, namun saya lebih menyarankan teman-teman untuk menggunakan alat yang dibuat, diasuh dan dibesarkan oleh Google sendiri. Berikut adalah alat ping yang bisa agan-agan gunakan untuk ping artikel atau blog.
GooglePing
Berikut adalah cara ping agar blog cepat terindex oleh Google menggunakan GooglePing.com

1.  Buka website http://googleping.com/
2.  Isi semua form dengan informasi blog kamu. Sebagai contoh:
Blog Name:  Sun Go Blog
Blog Home Page:  http://sungoblog.blogspot.com
RSS URL (optional):  http://feeds.feedburner.com/SunGoBlog
Email:  emailkamu@email.com
Bagi kamu yang kebingungan dan belum mempunyai RSS URL, silahkan daftar dan buat RSS blog kamu di Cara memasang Feedburner di blog
Cara Ping Agar Blog Cepat Terindex Google

3.  Pilih semua Google Ping Partners dengan klik Check All.
Cara Ping Agar Blog Cepat Terindex Google


4.  Isi Captcha sesuai dengan yang ditampilkan. Setelah itu klik Send Pings.
Cara Ping Agar Blog Cepat Terindex Google


5.  Tunggu sampai proses Ping selesai. Biasanya akan banyak proses yang berhasil dan sedikit proses ping yang gagal, hal itu wajar. Silahkan bookmark halaman tersebut untuk kamu gunakan dikemudian hari.
Cara Ping Agar Blog Cepat Terindex Google

Jika proses ping menggunakan GoolgePing sudah selesai, silahkan lakukan menggunakan alat ping yang saya lakukan di atas dengan jeda waktu yang lama. Misalnya saat kamu melakukan ping adalah pukul 06:00 WIB, maka lakukanlah ping kembali pada pukul 12:00 WIB, 18:00 WIB dan 23:59 WIB. Seperti yang disarankan oleh dosen saya:
Lakukan ping blog ke Google sehari maksimal empat kali.
Jika kamu mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. :) Happy blogging guys. :D