loading...

12 Tips Membeli Laptop Bekas Semua Merek Terbaru

12 Tips Membeli Laptop Bekas Semua Merek Terbaru ~ Pada dasarnya mudah saja jika sudah mengetahui cara-caranya. Jika ingin membeli laptop baru saya pikir tidak perlu detail saya sampaikan disini selain ada garansi resmi dari tokonya. Akan tetapi jika memutuskan ingin membeli laptop dengan dana yang lebih ekonomis tentunya jatuh pada laptop bekas. Namun pengetahuan tips memilih laptop bekas segala merk terbaru setidaknya menurut saya harus memenuhi kriteria seperti di bawah ini : 



Panduan Mengecek Laptop Bekas

  1. Cek Merek atau Brand terkenal walau masih menjadi incaran pasar setidaknya kualitas secara absolute adalah diharuskan. Selain nilai slae-back atau jual kembali masih dibutuhkan banyak orang. Namun hal ini juga bukanlah ukuran yang harus sangat ditaati tetapi sekedar saran saya saja.
  2. Cek Kondisi Layar. warna backgrond layar laptop/netbook seperti misalnya gambar pemandangan alam, gambar game background pertama mungkin anda terkesima, tapi tunggu dulu apakah di balik itu ada cacat yang di sembunyikan. Cobalah mengganti background desktopnya dengan warna solid hitam. Jika itu windows 7 atau 8, windows 10 atau xp sekalipun mintalah merubah background desktopnya dengan warna solid hitam. Nah lihatlah setelah diganti background desktopnya menjadi hitam apakah ada semacam titik menyala pada layar ? jika ada itu biasanya dinamakan dengan "dead pixel". selain itu masuk ke windows explorer, atau buka microsoft word yang intinya layar background putih akan nampak. Perhatikan apakah layar laptop ada semacam bercak putih semacam panu istilahnya begitu.
  3. Cek Battery Laptop. ketika anda charge apakah benar-benar proses pengisian battery terisi dengan baik dan bukan not charging. Not charging bisa jadi batterynya tidak bisa di isi atau mungkin adaptor tidak cocok. Pastikan battery pada laptop yang hendak anda beli benar-benar tidak bermasalah pada proses chargingnya hingga mencapai 100% Full charge.
  4. Cek Keyboaord. cek keyboard laptop menurut saya paling mudah adalah mencoba mengetiknya pada microsoft word dan mulailah mencoba setiap huruf dan angka pada keyboard tersebut. Walau ada software untuk mengecek tombol keyboard laptop namun tetaplah cek apakah ada salah satu atau beberapa keyboard sulit di tekan atau tidak berfungsi. Cek semua tombol-tombolnya beserta huruf dan angkanya termasuk tanda panah atas, bawah, kiri dan kanan. Jangan terburu-buru saat mengecek kondisi keyboard ini. Cek juga tombol fungsi Fn dengan tombol lainnya misalnya tombol Fn dengan tombol pengatu kecerahan layar apakah tombol yang dikombinasikan dengan tombol Fn tadi berfungsi dengan baik.
  5. Cek Port usb. port usb sangat diperlukan manakala memerlukan tambahan input untuk membaca drive usb modem, usb flashdisk pastikan semua port usb tersebut benar-benar semuanya berfungsi.
  6. Cek DVDRW pada laptop. Untuk mengecek kondisi optik dvdrw yang ada pada laptop, masukan saja kepingan cd/dvd yang sudah berisi data-data di dalamnya. Gampangnya masukan saja cd/dvd film untuk mengecek apakah dvdrw pada laptop masih berfungsi.
  7. Cek kondisi hardisk apakah terdapat bad sektor. Terhadapt masalah ini anda memerlukan software semisal contoh "CrystalDiskInfo" atau juga bisa mencoba software "Hardisk Sentinel" ini bisa anda siapkan dalam flashdisk ketika hendak mencoba kondisi hardisk pada laptop  yang hendak anda beli. Lihat keterangan tentang mengetahui apakah hardisk bad sector atau tidak dengan mengunjungi laman ini. Hardisk dengan kondisi bad sector sangat riskan dan bisa memperlambat proses kerja hardisk itu sendiri sehingga laptop digunakan akan terasa lambat sekali.
  8. Cek Perangkat Wifi. Membeli laptop pasti juga memikirkan cara dapat akses internet gratis tentunya laptop anda harus ada piranti wifinya. Jika tidak ada akses hotspot internet ketika akan di coba mudah saja gunakan hp android anda untuk mengaktifkan modul wifi yang tersedia pada hp android anda . Cek apakah wifi pada laptop tersebut bisa menangkap sinyal dari hp android anda? jika tidak bisa berfungsi tanyakan kepada pemiliknya (penjualnya).
  9. Cek Speaker. Penting untuk mengecek speaker laptop biasanya terdapat pada bagian kiri dan kanan. Gunakan program pemutar audio mp3 misalnya Winamp di sana ada fasilitas cek sound speaker left dan right yang bisa di geser pada bagian atasnya. Pilih salah satu file lagu dan dengarkan sambil cek speaker menggerakan suara speaker bagian kiri dan kanan apakah keduanya menghasilkan suara yang cukup terdengar. Bila salah satu bagian speaker apakah kiri atau kanan yang tidak mengeluarkan suara ketika file mp3 dimainkan, maka berarti salah satu speaker kiri dan kanan ada yang tidak berfungsi.
  10. Cek Area Mouse Pad pada laptop. ini juga penting selain dapat mengecek fungsi tombol klik kanan dan kiri. Gerakan tangan pada area mouse pad di laptop apakah pergerakan mousenya normal atau tidak. Jika tidak normal pertimbangkan untuk membelinya.
  11. Cek Suhu Laptop. Jika hampir seluruh bagian laptop ternyata panas berlebihan sehingga pada bagian area mouse pad bila disentuh tangan akan terasa panas sekali. Bila ini terjadi kemungkinan ada masalah pada bagian mesin laptop pertimbangkan untuk membelinya.
  12. Cek Garansi. Membeli laptop bekas tetap saja ada garansinya minimal garansi toko. Jika garansi personal biasanya kurang dari 7 hari. Sedangkan garansi toko membeli laptop bekas bisa sampai 30 hari dari tanggal pembelian. Jenis garansi tentunya berbeda-beda dan lebih bijak anda tanyakan terlebih dahulu garansi apa saja yang diberikan oleh penjual laptop bekas di toko tempat anda membeli. Tentunya ada surat perjanjian / nota kesepakatan sekaligus nota pembelian tertulis lama garansinya.
Itulah panduan dalam 12 Tips Membeli Laptop Bekas Semua Merek Terbaru yang menurut saya sudah lengkap untuk membeli laptop bekas. Pada prinsipnya setiap toko mempunyai standarisasi dalam hal jual - beli laptop. Semoga Bermanfaat ^_^