loading...

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Sendiri

Saya pernah ditanya oleh teman saya mengenai jumlah backlink yang ada di blog saya ini. Karena kemarin itu saya belum mengetahui bagaimana cara melihat jumlah backlink yang nemplok di blog saya ini, jadi saya jawab "wah ga tahu e". Berasal dari situlah saya mulai penasaran untuk mengetahui jumlah backlink yang ada di blog Semester Baru ini. Nah menurut teman-teman sekalian, bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang ada di blog sendiri?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui fungsi dari backlink. Menurut saya dari garis besarnya fungsi backlink adalah untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) off-page. Semakin banyak jumlah backlink yang menyarang di blog kita maka semakin baik pula blog kita di mata search engine. Telah kita ketahui bahwa SEO itu terbagi menjadi dua bagian yaitu SEO On-page dan SEO Off-Page. Sebuah blog yang sukses menempati halaman pertama mesin pencari tentunya mempunyai kedua atau salah satu SEO tersebut. Untuk membuat blog yang menguasai SEO On-Page berarti kita harus fokus mengoptimasi konten blog sedangkan untuk menciptakan blog yang menguasai SEO Off-Page maka harus membangun backlink. Setelah kita tahu apa itu fungsi dari Backlink, mari kita ketahui pula berapa banyak backlink yang berada di blog kita.

Kembali ke pertanyaan di atas, yaitu bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang berada di blog sendiri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya sangat mudah. Banyak dari para blogger yang saya pantau dari mesin pencari Bing mengenai cara melihat banyaknya backlink di blog sendiri, dan saya menemui metode yang sama dari satu blog ke blog yang lainnya.  Ada dua website yang menyediakan jasa untuk melihat jumlah backlink yang bersarang di blog kita sendiri. Yang pertama adalah menggunakan Google Webmaster dan yang kedua menggunakan Ahrefs.

Untuk mengetahui jumlah backlink di blog sendiri menggunakan Google Webmaster dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Google Webmaster dengan klik link berikut ini Google Webmasters Tools;
  2. Jika kamu hanya mempunyai 1 blog yang ada di Webmaster, silahkan klik blog tersebut;
  3. Klik Tautan ke Situs Anda dan lihat pada bagian yang saya tunjuk dengan anak panah. Jumlah backlink di blog saya ini cuma 134. Sedikit sekali... Hehe...

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Sendiri Menggunakan Google Webmasters Tools


Cukup mudah bukan untuk mengetahui jumlah backlink di blog sendiri. :) Nah untuk metode kedua dalam mengetahui jumlah backlink di blog sendiri menggunakan Ahrefs.com. Website Ahrefs.com tidak hanya menanmpilkan jumlah backlink yang ada di blog sendiri tapi juga menampilkan Content yang berkwalitas di blog. Selain untuk mengetahui jumlah backlink yang bersarang di blog sendiri, kita juga bisa menggunakan Ahrefs untuk melihat jumlah backlink di blog orang lain atau kompetitor. Hebat bukan? Nah begini cara melihat jumlah backlink di blog sendiri menggunakan Ahrefs.com

1.  Buka website Ahrefs dengan klik link berikut ini Ahrefs
2.  Masukkan url blog kamu di kolom yang tersedia. Lihat gambar di bawah ini.
Ahrefs memberikan kamu satu kesempatan saja untuk melihat jumlah backlink di sebuah blog. Jika lebih dari satu maka kamu diharuskan untuk mendaftar. Gunakan Facebook atau Google Plus untuk mendaftar atau kamu bisa juga mendaftar dengan cara manual.
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Sendiri Menggunakan Ahrefs
Masukkan url blog dan klik TRY IT FOR FREE
3.  Akan tampil sebuah halaman yang menampilkan salah satunya jumlah backlink yang berada di blog. Lihat pada gambar di bawah ini. Lihat, jumlah backlink saya ada 261. :D Hehe... Hasil dari Ahrefs.com menampilkan backlink lebih banyak daripada hasil yang ditampilkan oleh Google Webmasters. :) Jadikan perbedaan sebagai sebuah keindahan. :)
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Sendiri Menggunakan Ahrefs
Terlihat jumlah backlink sebanyak 261
Saya menyarankan untuk kamu mendaftar di Ahrefs. Selain kamu bisa lebih leluasa dalam menggunakan fasilitas Ahrefs juga kamu bisa lebih dalam dalam lagi untuk mengelola blog kamu.
Perbedaan hasil dari jumlah backlink yang ditampilkan oleh Google Webmaster dan Ahrefs tidak akan menjadikan sebuah masalah. Tinggal kita sendiri mau meyakini hasil dari masing-masing website tersebut mau yang mana? Saran saya, yakinilah dua-duanya. Hehe...

Silahkan dieksplorasi sendiri dari website Ahref untuk mengetahui lebih jauh mengenai blog kamu di dunia internet. Jadikan hasil tersebut sebagai tolak ukur dari kesehatan blog yang kita kelola. Semoga menjadi sebuah pajuan untuk ngeblog ya. :D