loading...

Waspada Bahaya Petasan Saat Idul Fitri

Bakar petasan

Potret Kuli - Tiap kali menyambut hari kemenangan Idul Fitri banyak warga baik anak anak atau pun orang dewasa sering menyalakan petasan,padahal hal ini sangat menganggu karena suara yang keras dan juga bisa menyulut kebakaran.

Untuk itu pemerintah melalui aparat terkait dalam hal ini Polisi sering merazia petasan menjelang lebaran karena menurut saya petasan cukup berbahaya bagi anak anak maupun orang dewasa. Bahkan dulu ketika masih muda saya juga sering main serangan sama petasan jenis peluncur yang mana sering membuat orang terluka.

Tetapi sekarang di lingkungan kami sudah sangat jarang ditemukan permainan petasan yang berbahaya , paling cuma kembang api yang di egang sambil takbir keliling. Kalau ada yang bawa petasan akan di tindak karena merusak acara takbir keliling yang mayoritas diikuti anak anak sambil keliling kampung.


Saya rasa sudah banyak sekali korban jatuh dari bermain petasan, terakhir tahun kemarin tetangga ada yang kehilangan 4 jarinya gara gara adu nyali pegang petasan yang besar , sehingga ketika meledak jaringanya hilang dan pingsan. Untunglah segera di bawa ke rumah sakit terdekat.

Ad juga lagi peristiwa kebakaran rumah hanya gara gara anak anak pada main petasan jenis peluncur yang membakar rumah dan akhirnya harus gotong royong untuk membangun rumah lagi, tentunya merayakan sebuah hariu kemenangan boleh saj tetapi rayakan dengan benar, misalkan dengan takbir keliling atau diiringi dengan membagikan zakat fitrah akan lebih indah dalam merayakan idul Fitri. Dan saya sekeluarga tak lupa mengucapkan
" Selamat hari raya idul Fitri , Mohon Maaf Lahir dan Batin"

3 comments

selain berbahaya juga petasan sangat menguras uang.
menyulut petasan sama saja menyulut uang dan meledak

Balas

di sekeliling saya sudah ga ada yang main petasan mbak

Balas