loading...

Tradisi Lebaran Ketupat, Tradisi Unik Daerah Pantura

Lebaran Ketupat
Potret Kuli - Tradisi lebaran ketupat adalah salah satu perayaan setelah Idul Fitri tetapi berselang selama seminggu, tradisi ini di rayakan masyarakat Muslim di daerah pesisir Pantai Utara Pulau Jawa atau lebih dikenal dengan istilah Pantura. Karena memang di daerah lain selain pantura , lebaran ketupat hanya di rayakan sama persisi saat hari Idul Fitri.

Ketupat sendiri sebenarnya hanya berisi nasi atau beras yang di masak dengan memasukkannya ke sebuah wadah yang disebut ketupat . Sedangkan ketupat sendiri dibuat dari daun Kelapa muda yang di anyam membentuk sebuah kotak dengan warna selang seling putih dan hitam. Meskipun sebenarnya hanya dari daun yang lebih mudan dan tua yang disebut Janur.

Cara penyajiannya cukup mudah ketupat di belah dan di potong kotak kotak ukuran 2x2 sentimeter dan di beri kuah sayur nagka muda dan di campur dengan daging ayam dan daging kerbau atau sapi dengan kuah santan yang kental.

ketupat
Makanan ini biasanya dianggap istimewa karena memang hanya di sajikan saat perayaan Idul Fitri tanggal 8 Syawal dalam Islam. biasanya bersama keluarga dan teman dekat. Jika anda dari negara non Muslim mungkin sedikit unik jika melihat tradisi ini  yang hanya ada di daerah pantura.



2 comments