loading...

Musim Janur Kuning Melengkung

Janur Kuning Melengkung
Potret Kuli - Saat ini sedang musim kekeringan karena memang efek dari badai El nino yang mana sebagaian daerah banjir bandang tetapi disini justru kemarau panjang. Bahkan saking keringya banyak yang kekurangan air.

Namun bagi ibu ibu ada musim satu lagi yang bikin galau kalau gak punya uang, apalagi kalau bukan musim janur kunging melengkung yang artinya ada hajatan besar di rumah tetangga atau sanak family. Dan tradisi di sini kita sebagai tetangga ikut menyumbang dengan bahan makanan atau sejumlah uang.

Mungkin kalau cuma satu atau dua masih mendingan , tapi karena bulan ini adalah bulan baik bagi masyarakat Muslim dalam menggelar hajatan , maka sudah dapat dipastikan bisa sampai seminggu dapet undangan sebanyak 8 kali. Coba bayangkan berapa biaya untuk semua itu.

Jangan berpikir untuk tidak datangkarena ada sanksi sosial yang akan diterima meskipun kalau sudah menyumbang sekali tidak ada keharusan menyumbang lagi. Sistemnya seperti hutang hutangan. Itulah masyarakat kita saat ini, bagaiman di daerah anda?