loading...

Apa Obat Penyakit Insomnia?

Insomnia

Potret Kuli - Pernah dengar Insomnia alias penyakit susah tidur? ya saya termasuk penderita akut dari penyakit ini dan sampai sekarang sangat sulit saya atasi. Hal yang sering dilakukan untuk mencoba mengusir penykit ini cuma mencoba untuk mengambil air wudlu dan sholat sunnah, meskipun harus dibarengi juga dzikir dalam hati agar bisa tidur.

Kata beberapa orang , kalau dalam 10 menit kita merebahkan badan dan sampai 30 menit kemudian masih tidak bisa tidur ,itu tanda tanda orang sakit jiwa. Mungkin benar adanya karena bisa jadi begitu. Tapi terus terang saya sedang tidak sakit jiwa.

Kebanyakan insomnia disebabkan bukan penykit fisik tetapi lebih pada penyakit pikiran , dan stress salah satu penyebab utama dari penyakit ini. Bahkan saya mulai blogging gara gara penyakit susah tidur. Bahkan jadwal tidur saya mulai terganggu dan juga kesehatan yang kurang terjamin.

Jika disuruh mengkonsumsi obat saya memang menolak karena takut merusak ginjal , jika disuruh memilih lebih baik diaatsi dulu penyebabnya sehingga tidak terlanjur semakin jauh. Tapi itu mudah di ucapkan tapi sulit di laksanakan.

Gejala-gejala insomnia dapat mencakup:

 *   Rasa kantuk di siang hari.
 *   Secara umum merasa lelah.
 *   Lekas marah.
 *   Mengalami masalah dengan daya konsentrasi atau ingatan.

Mengobati Insomnia

Insomnia akut mungkin tidak perlu pengobatan. Sedangkan insomnia ringan sering kali dapat dicegah atau disembuhkan dengan melakukan kebiasaan tidur yang baik (lihat bagian kebiasaan tidur yang baik di bagian bawah).

Jika insomnia membuat Anda sulit beraktivitas di siang hari karena mengantuk dan lelah, maka dokter Anda mungkin meresepkan obat tidur untuk waktu yang terbatas. Obat-obatan yang bereaksi dengan cepat dapat membantu Anda menghindari dampak seperti mengantuk di esok hari.

Hindari penggunaan obat tidur generik karena obat tersebut mungkin memiliki efek samping yang tidak diinginkan dan cenderung kehilangan efektivitasnya seiring berlalunya waktu.

Pengobatan yang dilakukan untuk insomnia kronis antara lain:
*   Mengobati kondisi atau masalah kesehatan yang menyebabkan insomnia.
   Jika insomnia berlanjut, dokter mungkin menyarankan terapi perilaku.
*  Pendekatan perilaku membantu  Anda untuk mengubah perilaku yang dapat memperburuk insomnia serta mempelajari perilaku yang mendorong tidur.
 *  Teknik-teknik seperti latihan relaksasi, terapi pembatasan tidur, dan rekondisi mungkin dapat berguna.

Memang kadangkala suatu penyakit timbul karena gaya hidup dan ketidakpedulian kita terhadap kondisi kesehatan diri sendiri, baru akan merasa penting jika sudah merasakan ketidak harmonisan tubuh dan jiwa kita. Insomnia bukan penyakit turunan dan mungkin juga tidak menular tetapi sulit di sembuhkan jika cuma di biarkan saja.
 

6 comments

saya baru tahu kalau insomnia itu susah tidur.

mbak blogging karena susah tidur kan, nih kalau saya susah tidur karena blogging. jadi susah banget tuh ke tidur hmm

saya ada saran mbak, jika mbak susah tidur, mending olahraga deh, seperti senam dirumah, lari lari diluar pagi, atau gimana gitu biar tubuh kita merasa segar dan malemnya letih sehingga kita akan mudah tidur :)
semoga bermanfaat

Balas

Kebanyakan kebiasaan blogger melek sampe larut malam, hemm perlu olahraga nie biar badan tetep sehat. nice infonya mbak

Balas

Sangat benar sekali efek dari insomnia seperti yang tertulis di atas, sebaiknya harus segera diatasi

Balas

Thank You Advice nya mas, saya lebih sering untuk sholat tasbih bisa membantu

Balas

mencari kesibukan di siang hari adalah obat mujarab.

Balas