loading...

Aneka Kue Kering Untuk Lebaran

Kue kering lebaran
Potret Kuli - Lebaran tidak lengkap tanpa jajanan kue kering karena untuk pesisir pantura ketupak biasanya disajikan seminggu sehabis lebaran, jadi tidak bersamaan dengan perayaan Idul Fitri.

Seperti tradisi yang sudah berjalan bertahun tahun sebelumnya , saya suka membuat aneka kue kering untuk jajan lebaran, di kemas dalam wadah kaca dan disajikan ketika ada tamu berkunjung baik saudara maupun tetangga.

Adapun kue lebaran tahun ini masih seputar Keciput,Bolu,Lempeyek kacang tanah,dan masih banyak lagi. Untuk membuat kue kering ini saya bersama ibu biasanya patungan dan kerjasama untuk membuatnya lalu kalau sudah jadi akan di bagikan kepada kakak dan adik serta saya sendiri. Maklum kami 3 bersaudara dan cewek semua.

Kalau untuk keluarga dari pihak suami karena orang tua sudah meninggal jadi sudah gak seperti dulu lagi yang juga punya tradisi membuat kue kering seperti kuping lowo dan bolu, ketrampilan ini sudah diturunkan dari nenek buyut sampai ke ibu . Sayangya karena tidak ada anak perempuan sehingga ketrampilan ini jadi terputus.

Di tengah banyaknya aneka kue kering produksi pabrik ternyata banyak tamu lebih suka jajan buatan sendiri, alasannya bermacam macam salah satu isu utamanya adalah menghindari bahan pengawet dan juga pewarna sintetis dalam makanan. Tampaknya sekarang masyarakat sudah sangat peduli dengan bahan makanan yang berbahaya atau tidak bagi tubuh manusia terutama untuk makanan anak anak.